nih planetnya,berhubungan dengan berita dibawah gambar ini

Ilustrasi dari Kepler-22b, planet yang diketahui berada di lingkaran nyaman di zona layak huni di gugusan bintang mirip matahari, dalam gambar handout tak bertanggal yang dirilis NASA, Senin (5/12). Kepler-22B, planet paling mirip bumi yang pernah ditemukan, mengelilingi sebuah bintang 600 tahun cahaya jauhnya, sebuah kunci penemuan dalam pencarian yang terus berlangsung untuk mempelajari apakah ada kehidupan di luar Bumi, kata para ilmuwan. Kepler-22b tergabung dalam daftar lebih dari 500 planet yang ditemukan mengelilingi bintang di luar tata surya kita. Planet ini merupakan yang terkecil dengan posisi terbaik untuk memilik air pada permukaannya – di antara bahan-bahan lain yang dibutuhkan untuk kehidupan di Bumi. (FOTO ANTARA/REUTERS/NASA/Ames/JPL-Caltech/Handout)

Washington (ANTARA News) – Dalam satu langkah lain ke arah penemuan planet-planet serupa Bumi yang bisa menopang kehidupan, NASA menyatakan, Senin, teleskop antariksanya Kepler telah memastikan keberadaan planet pertama di sebuah zona bisa dihuni di luar sistem tata surya kita.

Para astronom Prancis sebelumnya tahun ini mengkonfirmasi planet luar pertama yang memenuhi persyaratan utama untuk menunjang kehidupan, yang dikenal sebagai Gliese 581d, lapor AFP.

Namun, Kepler 22b, yang sebelumnya terlihat sekilas pada 2009, adalah konfirmasi pertama badan antariksa AS NASA mengenai planet yang bisa dihuni.

Itu berarti para astronom telah tiga kali melihat planet tersebut melintas di depan bintangnya.

“Kita beruntung bisa mendeteksi planet ini,” kata William Borucki, peneliti utama Kepler di Pusat Riset Ames NASA.

“Transit pertama tertangkap hanya tiga hari setelah kami mengumumkan wahana antariksa itu secara operasional siap. Kami melihat transit ketiga yang menentukan pada musim liburan 2010,” katanya.

Kepler-22b berada dalam jarak 600 tahun cahaya dan lebih besar daripada Bumi dengan orbit 290 hari mengitari sebuah bintang seperti matahari.

NASA juga mengumumkan, teleskop Kepler telah menemukan 1.000 planet potensial lain, dua kali dari jumlah yang terlacak sebelumnya, menurut hasil riset yang diajukan pada sebuah konferensi di California pekan ini.

Kepler adalah misi pertama NASA untuk mencari planet-planet seperti Bumi yang mengorbit bintang seperti matahari kita.

Teleskop itu diluncurkan pada Maret 2009, dengan diperlengkapi kamera terbesar yang pernah dikirim ke luar angkasa — perangkat alat 95 megapixel — dan diperkirakan terus mengirim informasi ke Bumi hingga setidaknya pada November 2012.

Pesawat itu kini mencari planet-planet hingga sekecil Bumi, termasuk yang mengorbit bintang-bintang di sebuah zona hangat yang bisa ditempati dimana air mungkin ditemukan di permukaan planet tersebut. (M014)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s